Manglayang, Toeleu, dan Kebanggaan

Selasa, 10 Juni 2014
Para alumni Akmil akan bercerita dengan bangga tentang Gunung Tidar tempatnya ditempa. Menurut masyarakat sekitar gunung tidar merupakan paku pulau jawa sehingga jiga dicabut pulau jawa akan runtuh. TOELEU tak ketinggalan dengan cerita Gunung Manglayang.
Gunung manglayang adalah gunung yang tak begitu terkenal dimata para pendaki gunung. Jarang ada ekspedisi khusus mengenai manglayang. Masih dalam rentetan gunung tangkuban parahu – burangrang – bukit tunggul – manglayang disebut paling akhir karena tingginya yang paling pendek. Dalam cerita sangkuriang pun manglayang tak ambil bagian seperti ketiga gunung tadi.
Dengan kesederhaannya yang tak begitu dikenal manglayang berdiri kokoh menghadap pasukan TOELEU yang berlatih setiap sabtu sore. TOELEU selalu menjadikannya sebagai daerah latihan tempat para calon anggota menahan keluh kesah, mencucurkan keringat agar jiwanya bagai gunung manglayang. Tak hanya itu angkatan 14 mengabadikan manglayang dalam nama angkatannya. KGD (Kiyangoe Gelora Dewata), kiyangoe adalah akronim “kaki gunung manglayang”, cenah mah.
Sosok gunung yang berdiri gagah dan tak pernah duduk membuat para pendaki gunung pada umumnya memiliki rasa pantang menyerah atau mungkin “arogan”. Arogansi kadang dibutuhkan sekarang ini, tentu dalam konotasi dan konteks yang benar. Keberanian mengemukakan idealisme (kebenaran) layaknya gunung haruslah dimiliki oleh TOELEU. “mun bener teu kudu sieun, dek dipecat atawa dihukum teu jadi masalah, tapi mun salah maneh kudu wani ngaku”, doktrin tersirat yang selalu disebutkan sambil ngopi dan tertawa.
Maka seyogyanya setiap calon anggota “mencicipi” gunung manglayang. Semoga “arogansi” gunung akan tetap tertanam dalam setiap jiwa TOELEU
Manglayang berdiri kokoh dibandung timur menanti gerusan zaman, begitu pula TOELEU yang harus bertahan menantang zaman.
“Selama manglayang berdiri kokoh TOELEU tak akan pernah padam”.

Di kaki manglayang kita berlatih,
Di kaki manglayang kita mengabdi.

TOELEU LEAD THE WAY !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar